Negara yang Menggunakan Teknologi Untuk Pertanian yang Sangat Canggih

teknologi untuk pertanian

Tentunya telah hadir teknologi untuk pertanian yang wajib Anda ketahui, dimana dengan adanya teknologi pertanian ini maka dapat membantu banyak orang menjalankan kegiatan bertani. Jadi dalam kegiatan bertani maka diperlukan teknologi ini sehingga kegiatan pertanian akan menjadi lebih menyenangkan dan menjadi cepat. Sebab saat ini sudah banyak orang yang tidak menyukai kegiatan bertani karena memaka banyak tenaga dan waktu.

Namun jika pemikiran Anda seperti ini maka salah besar, sebab dengan adanya penggunaan teknologi di bidang ini maka kegiatan pertanian akan menjadi sangat mudah. Tidak heran jika beberapa negara menggunakan teknologi untuk pertanian di dalam masyarakatnya, apalagi teknologi yang digunakan merupakan teknologi yang canggih. Hal ini tentunya Anda wajib mengetahui sebab dapat dijadikan sebagai contoh.

Mengingat saat ini banyak masyarakat Indonesia yang masih menerapkan sistem pertaninan yang tradisional, dimana hal ini tidak efektif. Namun dengan menggunakan teknologi maka hasil pertanian bisa menjadi maksimal serta akan dipermudah kegiatan pertanian jadi tidak akan memakan banyak tenaga bahkan juga waktu. Oleh sebab itu berikut beberapa negara yang menggunakan teknologi dalam sistem pertanian milik mereka.

Negara Jepang yang Menggunakan Teknologi Pertanian

Negara yang menggunakan teknologi untuk pertanian salah satunya adalah Jepang, dimana teknologi di negara ini sudah sangat maju dan sangat tinggi sekali. Jepang sendiri juga menggunakan teknologi di berbagai macam bidang termasuk juga pertanian, dimana masyarakat Jepang juga sangat kreatif dalam mengelola lahan yang mereka miliki sehingga bisa dijadikan sebagai lahan pertanian yang memberikan hasil yang sangat maksimal.

Tentunya lahan pertanian mereka sangat unik bahkan bisa dimana saja dimana seperti di ruang bawah tanah, di pekarangan rumah bahkan di pinggiran rel kereta api. Bahkan setelah bencana Tsunami beberapa tahun yang lalu, Jepang berencana untuk menggunakan sistem pertanian yang lebih modern sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal dan bagus.

Pastinya jika ingin menggunakan sistem ini maka sudah pasti harus memanfaatkan teknologi untuk pertanian yang sangat canggih, tentunya salah satu teknologi yang digunakan adalah seperti menggunakan traktor yang tanpa awak, mesin tanam, maupun mesin panen yang sudah digunakan oleh para petani disana. Bahkan dalam proses menghalau hama, para petani Jepang menggunakan lampu LED bukan orang-orangan seperti di Indonesia yang masih sangat tradisional sekali.

Negara Belanda Sebagai Pengekspor Produk Pertanian

Seperti yang kita ketahui bahwa luas dari negara Belanda tidak mencapai 1 persen dari luas negara Indonesia, tentunya tidak ada tanah dan lahan yang cukup digunakan untuk dijadikan sebagai lahan pertanian. Ditambah lagi dengan iklim dingin di negara ini sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pertanian di negara ini, namun banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Belanda merupakan negara yang ada di peringkat ke 2 dalam pengekspor produk pertanian terbesar yang ada di dunia.

Bahkan nilai ekspornya mencapai 72,8 miliar Euro, hal ini tentunya sangat unik karena kurangnya lahan pada negara ini. Namun hal ini tidaklah aneh mengingat Belanda memanfaatkan teknologi dalam pertaniannya, dimana kunci utamanya adalah riset.

Padahal produk pertanian andalan di negara ini adalah benih dan bunga, tidak heran jika kebijakan dan teknologi yang digunakan didasari oleh riset yang dilakukan oleh para ahli. Jadi tidak heran jika kita bisa mencontoh negara ini dalam penggunaan teknologi untuk pertanian, dimana akan memberikan hasil maksimal sehingga kesejahteraan petani meningkat.